Usaha ternak sapi perah rakyat Jakarta sudah ada sejak zaman Hindia Belanda, dan dikelola turun temurun oleh sebagian masyarakat Betawi Jakarta khususnya didaerah Kuningan Timur -Setibudi – dan Mampang Prapata n Jakarta Selatan. Di era tahun delapan puluhan dua daerah tersebut dikenal dengan sebutan kantong susu Jakarta, karena mayoritas usahanya peternak sapi perah dan penjual susu. Seiring perkembangan zaman dan pembangunan Kota Jakarta yang pesat menyebabkan tergerusnya usaha peternakan rakyat tersebut. Sayang sungguh Sayang tentunya karena usaha ternak rakyat yang memiliki nilai sejarah dan menjadi bagian dari Ragam budaya masyarakat betawi Jakarta harus hilang dan tutup buku dari keragaman budaya-budaya betawi yang ada. Untuk itulah Pemda Provinsi DKI Jakarta dengan SK Gubernur no 300 tahun 1986 dibuatlah Relokasi usaha Peternakan Sapi Perah di daerah Pondok Ranggon-Cipayung – Jakarta Timur. Legalitas SK Gubernur KDKI Jakarta tersebut tentunya sangatlah bermanfaat dalam rangka pelestarian budaya masyarakat Betawi Jakarta.

Pada tahun 1990 mulailah pembangunan kawasan diplomatic didaerah Kuningan Timur Jakarta Selatan yang dikenal dengan Kawasan Mega Kuningan yang penuh dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Mulai saat itu pula sebagian peternak sapi perah rakyat Jakarta tersebut pindah kelokasi yang Telah ditetapkan Pemda DKI Jakarta didaerah Pondok Ranggon Jakarta Timur. Dari luas area 35 Ha yang ditetapkan dalam SK Gubernur diatas,hanya 11 Ha yang baru direalisasikan dengan 35 petani ternak sapi perahnya dan 1200 ekor sapi. Itulah sekilas info sisa warisan terakhir budaya ternak sapi perah rakyat Betawi Jakarta.

Pada tahun 1996 lahirlah inovasi dan kreatifitas Putra petani ternak sapi perah rakyat Betawi Jakarta, yang menciptakan kawasan Wisata Agro Edukatif Farm Ternak Sapi Perah Rakyat Jakarta dengan nama Istana Susu Cibugary ( Cibubur Garden Dairy) yang mengandung arti Kebun Susu Cibubur. Wisata Agro Edukatif ini didirikan dengan kekhasan tersendiri yaitu berinteraksi dan bersentuhan langsung dengan nuansa dan suasana alam kandang sapi perah rakyat yang sesungguhnya. Selain itu juga sebagai media informasi dunia susu segar murni sapi perah untuk masyarakat luas agar terbangun keseharian hidup gemar konsumsi secangkir susu segar murni dikemudian hari kelak. Wisata Agro Edukatif Farm Ternak Sapi Perah Rakyat Jakarta, Istana Susu Cibugary Selain menjadi media edukasi dan media informasi masyarakat dan dunia Pendidikan Jakarta dan sekitarnya juga menjadi potret sejarah budaya masyarakat Betawi Jakarta yang perlu dilestarikan adanya oleh kita semua dan segenap pemangku kebijakan Pemda DKI Jakarta tentunya. Juga sebagai pelopor GERAKAN PUTIH INDONESIA gemar konsumsi secangkir susu segar murni setiap hari, dari kandang-kandang ternak sapi perah rakyat Indonesia. Menuju INDONESIA PUTIH yang sehat,kuat dan cerdas dimasa yanga akan datang. Diakhiri dengan doa, “Semoga dari Saung-saung Kecil Istana Susu Cibugary akan lahir Satu Juta Peternak Sapi Perah di seluruh Indonesia. Amiiin.

Penulis ; Rachmat Al-Baghory

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *